Laman

Rabu, 10 Oktober 2018

10 Amalan Bulan Safar 1440 H Sesuai Anjuran Salafus Soleh


10 Amalan Bulan Safar 1440 H Sesuai Anjuran Salafus Soleh

Ya Ahbabul Kirom,
Tanggal 1 Safar 1440 Hijriyah jatuh tepat pada Rabu (10/10/2018). Sekarang Kamis tgl 2 Safar 1440 H.
Bulan Safar diyakini oleh beberapa ulama salaf sebagai bulan yang penuh bala', musibah dan mendatangkan banyak kesusahan.
Karena adanya kepercayaan ini, banyak yang memilih melakukan amalan-amalan tertentu guna menghindari musibah yang akan menimpa dirinya di Bulan Safar.
Kepercayaan ini dibantah oleh Rasulullah SAW.
Karena pada dasarnya, seluruh bulan adalah baik dan mendatangkan kebaikan.Terutama bagi umat Islam yang beriman dan tak segan melakukan amalan-amalan terpuji.
Rasulullah SAW dan para sahabatnya tidak pernah menghkususkan amalan tertentu untuk dijalankan ketika Bulan Safar saja.
Akan tetapi, untuk memperoleh keutamaan dan pahala dari Bulan Safar ada baiknya untuk menunaikan ibadah harian sebagaimana perintah Nabi Muhammad SAW.
Berikut amalan sunnah yang bisa diperbanyak dilakukan di bulan Safar 1440 Hijriyah ini, yaitu :
1. Perbanyak Zikrullah,
Salah satu keutamaan berdzikir adalah memperberat timbangan di akhirat, mendatangkan pahala, dan dicintai oleh Allah SWT.
“Aku membaca subhaanallah wal hamdulillah walaailaaha illallahu wallahu akbar (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah dan Allah Maha Besar). Bacaan itu lebih aku sukai daripada mendapat kekayaan sebanyak apa yang di bawah sinar matahari.” (HR.Muslim).
“Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan dan berat di timbangan: (yaitu bacaan) subhaanallah wabihamdihi subhaanallahil adzim.” (HR Bukhari).
“Barangsiapa di waktu pagi dan sore membaca: subahanallah wa bihamdihi seratus kali maka tidak ada seorang pun yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.” (HR. Muslim)

2. Perbanyak Shalat Dhuha
“Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya.”
Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?” Beliau menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah.
Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu.” (HR. Abu Dawud).

3. Shalat Melangkah Solat Berjamaah di Masjid,
Dari Abu Umamah, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang keluar dalam keadaan suci, menuju masjid untuk melaksanakan shalat jamaah, maka pahalanya seperti pahala seperti orang yang sedang haji dalam keadaan ihram.” (HR. Abu Dawud).

Keistimewaan dari melaksanakan sholat berjamaah di masjid adalah salah satunya mendapatkan pahala 27 kali lipat dibandingkan sholat sendirian.

4. Perbanyak Membaca Al-Quran,
Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali.” (HR. At Tirmidzi dan At Thabrani).
Bagi mereka yang suka membaca Al-Quran, banyak sekali manfaat membaca Al-Quran terutama untuk mengetahui ayat al-quran tentang tanggung jawab, juga mengetahui apa saja ayat Al-quran tentang cinta.

5. Perbanyak Sholawat atas Nabi,
“Barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan sepuluh kesalahan, dan diangkat sepuluh derajat.” (HR. An Nasai).
“Barang siapa yang membaca shalawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim).

6. Perbanyak Membaca Doa di antara Adzan dan Iqomah,
Dari Jabir bin Abdillah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang mendengarkan adzan kemudian dia membaca doa:
Allahumma rabba hadzihid dawatittammah washshalatil qaimah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wabats-hu maqamam mahmudanilladzi waadtahu,
(Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna dan shalat wajib yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah dan fadhilah. Bangkitkanlah beliau ke tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya, maka dia berhak mendapat syafaatku pada hari kiamat).” (HR. Bukhari).

7. Memperbanyak Istighfar,
Dari Ibn Abbas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang rajin beristighfar maka Allah akan berikan jalan keluar setiap ada kesulitan, Allah berikan penyelesaian setiap mengalami masalah, dan Allah berikan rizki yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Dawud).

8. Perbanyak Silaturahmi,
Rasulullaah Saw bersabda,
"Barangsiapa yg ingin dipanjangkan umurnya dan diluaskan rizkinya, hendaklah kalian perbanyak silaturahim."
( HR, Bukhari )

9. Perbanyak sodaqah,
Rasulullah Saw bersabda, "Tidak akan berkurang hartanya dan tdk akan miskin bagi orang bersedaqah."
( HR Ahmad )

10. Perbanyak Duduk di Majlis Ilmu,
Rasulullah Saw bersabda,
"Barangsiapa yg berjalan menuju majlis ilmu, maka dimudahkan jalan menuju surga."
Wallahu'alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar